Website Resmi OpenDesa

Ini Manfaat Anjungan Desa Mandiri , Desa Cerdas Masyarakat Puas 

Anjungan Desa Mandiri (ADM) untuk kemudahan pelayanan masyarakat , efisiensi dan efektifitas kerja Pemdes.

OpenDesa–Menjadi yang terdepan untuk pelayanan masyarakat menjadi prioritas desa yang di impikan. Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi  Sistem Informasi Desa Terbuka (OpenSID) yang  disediakan OpenDesa. Selanjutnya  masyarakat, cukup hanya menyentuh monitor untuk mencetak kebutuhan administrasinya lewat Anjungan Desa Mandiri (ADM). 

Jika perbankan menggunakan Anjungan Tunai Mandiri (ATM), sekarang desa yang bekerjasama dengan Perkumpulan Komunitas Desa Terbuka (OpenDesa),  memiliki ADM. Sehingga surat menyurat dan permohonan administrasi hingga pemanfaatan data bisa diakses melalui anjungan. Tentunya ini, sebuah inovasi menuju desa cerdas dan mandiri. 

“Untuk implementasi digitalisasi layanan menuju desa cerdas, OpenDesa telah meluncurkan layanan mandiri berupa Anjungan Desa Mandiri (ADM). Sehingga bisa dimanfaatkan Pemerintah Desa (Pemdes) untuk melayani masyarakat. Agar fitur yang disediakan OpenSID berjalan Optimal dalam meningkatkan kinerja pelayanan publik di desa, lembaga OpenDesa melayani pemesanan Anjungan,”ucap Ketua Umum Perkumpulan OpenDesa, Hernindya Wisnuadji, Kamis(30/9). 

Ditambahkan Sekretaris Jenderal OpenDesa, Herry  Wanda, anjungan mandiri memungkinkan warga mengakses data mereka sendiri seperti biodata dan kartu keluarga. Bahkan juga bisa mengirimkan pesan ke kantor desa, membuat permohonan surat atau melakukan pengecekan bantuan yang sedang diterima pengguna. 

“Warga bisa mengakses ADM dengan NIK dan PIN yang bisa diminta kepada operator di kantor Desa. Kemudian kebutuhan administrasi warga bisa di print out melalui anjungan. PIN bisa diganti oleh pengguna untuk keamanan data,”ucap Herry Wanda. 

Seluruh desa yang sudah menggunakan OpenSID dari OpenDesa, kata Sekjen OpenDesa ini, telah bisa memanfaatkan anjungan, sebab sudah ada aplikasinya..Hanya saja pemanfaatannya belum maksimal, sebab ada penambahan fitur dan kelengkapan sarana penunjang lainnya, seperti alat anjungan. 

“Saat ini, OpenDesa sedang melakukan penyempurnaan penyediaan anjungan dengan biaya yang relatif terjangkau oleh desa dengan manfaat maksimal mulai dari Rp 4,9 jutaan,”terang Herry Wanda.

Pelayanan cerdas untuk kepuasan masyarakat ini, menjadi terobosan inovasi menuju desa digital di nusantara. Akses keterbukaan informasi publik dan pelayanan optimal, diciptakan  untuk memudahkan masyarakat di desa-desa yang ada melalui teknologi informasi.(*)   

Exit mobile version