Taopa Launching Desa Digital dan Pengoperasian Aplikasi OpenSID

/, OpenDesa/Taopa Launching Desa Digital dan Pengoperasian Aplikasi OpenSID

Taopa Launching Desa Digital dan Pengoperasian Aplikasi OpenSID

Menuju Desa Cerdas Berteknologi dan Informatif 

OpenDesa : Launcing Desa Digital dan Pengeperasian Aplikasi OpenSID, Desa Taopa, Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, Kamis(14/10/2021)

OpenDesa, Parigi Moutong–Bertekad menjadi desa cerdas dengan pemanfaatan  teknologi  informasi secara optimal untuk pelayanan  publik, Desa  Taopa, Kabupaten  Parigi  Moutong,  Sulawesi Tengah, pastikan pemanfaatan aplikasi Sistem Informasi Desa Terbuka (OpenSID) melalui launching Desa Digital Taopa, di kantor Desa Taopa, Kamis(14/10) lalu. 

“Keterbukaan dan kemajuan teknologi pada era digitalisasi ini harus bisa dirasakan oleh kita dan generasi berikutnya dalam pelayanan informasi publik dan akses yang mudah tanpa menyulitkan. Pemanfaatan teknologi informasi ini, juga dibutuhkan untuk kemudahan dan penyelesaian tugas pemerintah desa,”ungkap Kepala Desa Taopa, Asno Ake. S.Sos dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Desa Taopa, Abdul Haris Laparako,  pada Launching yang juga bisa disaksikan virtual secara nasional itu. 

ADM : Anjungan Desa Mandiri di Desa Diigital Taopa untuk kemudahan layanan publik Desa Taopa yang mulai dioperasionalkan

Bagi masyarakat yang sudah memiliki ponsel berbasis Android, cukup dengan mengakses aplikasi dari genggaman untuk kebutuhan pengurusan administrasi yang dibutuhkan secara cepat. Bahkan bagi masyarakat di desa yang belum memiliki perangkat ponsel Android, Desa Taopa juga sudah memiliki sebuah kotak pintar, Anjungan Desa Mandiri (ADM). 

Aplikasi yang terhubung secara online, menjadi model kemudahan pelayanan dan akses bagi masyarakat melalui website Desa Taopa dengan alamat https://taopa.parimo.id. Konsep Society 5.0, tidak lagi menjadi batasan waktu, tempat dan jarak. Artinya pelayanan masyarakat melalui teknologi informasi berbasis internet. Melalui ADM atau anjungan yang mirip ATM ini, masyarakat bisa mandiri mendapatkan pelayanan, surat menyurat secara cepat.  

Kemudahan :Warga Desa Taopa sedang memanfaatkan penggunaan Anjungan Desa Mandiri (ADM) di Kantor Desa Taopa.

“Desa Taopa bukan yang pertama melakukan inovasi, sebab sudah ribuan desa di Indonesia melakukan hal yang sama untuk kemudahan bagi masyarakatnya. Melalui para pegiat desa untuk desa cerdas yang tergabung dalam Perkumpulan OpenDesa, Desa Taopa memutuskan untuk menjadi salah satu Desa Digital di Nusantara,”terang Asno Ake, S.Sos. 

Sesuatu yang selama dilakukan secara manual, sekarang ingin diwujudkan menjadi pekerjaan yang lebih mudah melalui OpenSID yang terus dikembangkan para pegiat di Perkumpulan OpenDesa.”Perkumpulan OpenDesa yang bermarkas di, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat ini, terus mengembangkan aplikasi OpenSID untuk kemudahan pelayanan publik, transparansi informasi dan memudahkan pemerintah desa dalam setiap pekerjaannya,”ditambahkan Asno Ake, S.Sos. 

Artinya menurut Kepala Desa Taopa ini,  pemanfaatan teknologi mulai dari pembuatan surat menyurat, izin, pendataan penduduk, pemetaan, pelaporan dan perencanaan pembangunan menjadi jauh lebih mudah.”Sehingga kita bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pelayanan,”pungkas Asno Ake, S.Sos. 

Persiapan : Kasubdit Bappeda Kabupaten Parigi Moutong disela-sela Launching Desa Digital Taopa.

Kasi Penataan Desa Dinas PMD Kabupaten Parigi Moutong,  Muhammad Ritaudin dalam sambutannya mengatakan, langkah yang ditempuh Desa Taopa merupakan langkah maju untuk pemanfaatan teknologi informasi. Sebab memang selama ini, salah satu kendala yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong adalah, tidak update nya data dan informasi dari desa sebagai acuan untuk mengambil kebijakan pembangunan. 

“Tentunya dengan berbagai jenis pelayanan memanfaat teknologi informasi, desa akan lebih mandiri dan milenial. Wajah baru sebagai Desa Digital, Taopa harus menjadi lebih maju dan menjadi contoh bagi desa-desa lainnya di Parigi Moutong,”ucap Kasi Penataan Desa Dinas PMD Kabupaten Moutong menyampaikan sambutan Bupati Parigi Moutong sebelum meresmikan launching Desa Digital Taopa dan pengguntingan pita layanan Anjungan Desa Mandiri.(*)  

 

By |2021-11-10T13:56:37+07:00November 4th, 2021|History, OpenDesa|0 Comments

Leave A Comment