Edit Content

Perkumpulan Desa Digital Terbuka atau Disebut Juga OpenDesa Membantu Desa Menjadi Desa Cerdas, Memaksimalkan Potensi Desa Menggunakan Teknologi Informasi Sumber Terbuka yang Gratis dan Bebas Digunakan

Pilihan yang tepat bagi desa yang tidak ingin pusing hal-hal teknis, yang ingin segera memanfaatkan fitur-fitur OpenSID untuk meningkatkan layanan bagi warga, untuk memudahkan administrasi kantor desa dan begitu banyak lagi manfaat bagi memajukan desa.

Dengan mengambil Layanan OpenSID SiapPakai, desa akan langsung mendapatkan OpenSID Premium terbaru, aplikasi PBB sudah terpasang dan aplikasi mobile/android OpenSID Layanan Mandiri siap jalan, siap dipakai tanpa perlu susah-susah memikirkan soal hosting, domain, install/update dan tantangan teknis lainnya.

Mengalami kendala teknis saat menggunakan OpenSID? Jangan khawatir, dengan Layanan OpenSID SiapPakai, OpenDesa siap membantu mengatasi, sampai tuntas.

Tidak perlu lagi harus mengkhususkan seorang perangkat desa menjadi jago IT. Tidak perlu bingung lagi apa yang harus dilakukan kalau jago IT kantor desa tidak ada di tempat.

Desa bisa fokus mengejar prestasi. Menjadi contoh penerapan SID terbaik. Membuat warga puas dengan layanan yang prima.

Paket OpenSID SiapPakai:

  1. Hosting VPS
  2. Domain opendesa.id
  3. Install/update (versi baru, revisi)
  4. Rilis OpenSID Premium, termasuk PBB dan aplikasi mobile Layanan Mandiri
  5. Bantuan teknis (selesaikan masalah sampai tuntas) melalui tiket
  6. Pelatihan pelayanan dan penggunaan Help Desk

Biaya Layanan OpenSID SiapPakai hanya Rp3.500.000 per tahun per desa, yang jauh lebih murah daripada total masing-masing layanan yang sudah termasuk dalam paket.

Untuk mendaftar sebagai pelanggan Layanan OpenSID SiapPakai, silakan hubungi pelaksana layanan yang terlihat di bagian bawah halaman https://opendesa.id/mengonlinekan-opensid/.

Pembayaran biaya Layanan OpenSID SiapPakai transfer ke rekening berikut :

  • Nama Bank BNI
  • Nama Rekening : Perkumpulan Desa Digital Terbuka
  • Nomor Rekening : 1111-0011-27

 

Tanya-Jawab

Tanya: Apakah pada Layanan OpenSID SiapPakai, desa diberikan akses pada cPanel atau serupa?

Jawab: Layanan OpenSID SiapPakai tidak menyediakan akses cPanel bagi desa. Pengguna tinggal pakai saja, termasuk perangkat desa tinggal login ke bagian Admin OpenSID untuk melakukan tugas mereka.

Tanya: Apakah Layanan OpenSID SiapPakai hanya berlaku bagi OpenSID Premium?

Jawab: Ya, karena Paket Layanan OpenSID SiapPakai termasuk langganan OpenSID Premium.

Tanya: Jika tidak ada cPanel, bagaimana desa dapat memasang tema premium?

Jawab: Script setiap tema premium yang disediakan oleh OpenDesa sudah terpasang di Layanan OpenSID SiapPakai. Jika ingin menggunakan suatu tema premium, desa cukup membayar biaya Rp250.000 untuk tema tersebut supaya dapat diaktifkan.

Tanya: Bagaimana jika desa ingin memasang tema ubahan desa sendiri?

Jawab: Paket Layanan OpenSID SiapPakai sudah termasuk layanan Bantuan Teknis. Untuk memasang tema ubahan desa, buat tiket di Help Desk yang disediakan, dengan melampirkan tema ubahan tersebut. Pemasangan akan dilakukan oleh petugas layanan dari OpenDesa.

Tanya: Bagaimana desa dapat melakukan backup/restore database dan folder desa OpenSID?

Jawab: OpenSID menyediakan fitur backup/restore database dan folder desa, yang dapat digunakan langsung dari aplikasi tanpa perlu melalui cPanel. Selain itu, Layanan OpenSID SiapPakai secara rutin melakukan backup database dan folder desa. Desa dapat meminta diberikan backup tersebut melalui tiket Help Desk.

Tanya: Bagaimana jika mengalami error, sedangkan desa tidak dapat memeriksa sendiri database atau file melalui cPanel?

Jawab: Paket Layanan OpenSID SiapPakai sudah termasuk layanan Bantuan Teknis. Jika mengalami kendala teknis, seperti error, desa tinggal membuat tiket Help Desk untuk dibantu sampai tuntas.

Tanya: Desa kami ingin menggunakan sub-domain untuk memasang aplikasi kami sendiri. Apakah dimungkinkan di Layanan OpenSID SiapPakai?

Jawab: Pada Layanan OpenSID SiapPakai, pengguna tidak diperbolehkan memasang aplikasi lain selain yang disediakan pada paket Layanan OpenSID SiapPakai. Alasan utamanya adalah untuk menjaga keamanan dan performa server OpenSID SiapPakai, dengan menghindari adanya aplikasi yang tidak diketahui keamanan maupun dampak performanya.  Strategi inin akan bisa lebih menjamin keamanan dan performa bagi semua pengguna Layanan OpenSID SiapPakai.

Tanya: Kami sudah memiliki web OpenSID yang kami kelola di hosting lain. Apakah bisa pindah menggunakan Layanan OpenSID SiapPakai?

Jawab: Sangat bisa. Langkah teknis pemindahan: (1) di OpenSID yg ada, buat backup database dan folder desa (2) setelah berlangganan OpenSID SiapPakai, tinggal restore database dan folder desa ke akun OpenSID yang akan disediakan. Jika mengalami kendala, petugas OpenDesa siap membantu.

Tanya: Kami sudah berlangganan OpenSID Premium. Apakah akan ada diskon jika pindah menggunakan Layanan OpenSID SiapPakai?

Jawab: Pada saat mulai berlangganan OpenSID SiapPakai, masa langganan OpenSID Premium, install/update dan dan layanan lain yg dimiliki akan dihitung untuk mengurangi biaya langganan tahun pertama OpenSID SiapPakai. Pada waktu mendaftar, beritahu saja pelaksana OpenDesa layanan apa saja yang sudah dimiliki.

Tanya: Layanan OpenSID SiapPakai sudah habis berlangganan, namun belum melakukan perpanjangan, apakah website masih dapat diakses dan bagaimana dengan status datanya ?

Jawab: Jika sudah selesai berlangganan dan belum diperpanjang maka website sudah tidak dapat diakses dan diarahkan ke halaman suspend OpenDesa, kemudian akan diberikan masa tenggang untuk melakukan perpanjangan selama 30 hari. Jika melebihi masa tenggang tersebut, maka database dan data desa akan dihapus dan terdapat pada backup data OpenDesa. Jika selama 40 hari dari akhir berlangganan masih belum diperpanjang, maka pada backup data OpenDesa akan dihapus.