Mengonlinekan OpenSID2019-11-09T19:45:09+07:00

Mengonlinekan OpenSID

Layanan Mengonlinekan OpenSID

Paket Mengonlinekan OpenSID ini mempermudah desa yang ingin mengonlinekan OpenSID, tetapi terkendala SDM. Layanan ini juga untuk membantu desa yang ingin fokus pada pemanfaatan SID, dan bermaksud menyerahkan pengelolaan teknis SID pada pihak lain.

Dana lebih dari layanan ini akan digunakan oleh OpenDesa untuk terus mengembangkan OpenSID dan aplikasi lainnya yang nantinya dikelola oleh OpenDesa. Dengan menggunakan layanan ini, selain membantu desa sendiri,  secara tidak langsung desa juga akan membantu Desa Digital Terbuka dan pengembangan OpenSID.

Paket Mengonlinekan OpenSID ini mencakup:

  1. Domain. Penyediaan nama domain menggunakan domain induk opendesa.id. Dalam layanan ini, desa diberikan nama subdomain sesuai dengan nama desanya. Misalnya, untuk Desa Tangga Barito, Kecamatan Dulupi, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, diberi nama domain tanggabarito.opendesa.id.Domain ini bisa digunakan sebagai nama sementara, di mana desa masih dalam proses memperoleh domain resmi Kominfo desa.id. Setelah desa memperoleh domain desa.id, OpenDesa akan membantu mengarahkan domain tersebut ke hosting di butir (2) di bawah.
  2. Hosting. Penyediaan hosting dengan spesifikasi yang memadai dan yang memenuhi syarat untuk hosting website desa. Lokasi servernya di Indonesia, sesuai dengan ketentuan Kominfo untuk website yang menggunakan domain desa.id. Hostingnya juga menyediakan fitur SSL untuk keamanan, dan setiap desa diberi cPanel tersendiri.

    Spesifikasi standar yang disediakan pada paket ini:

    1GB SSD Storage, 40GB Bandwidth per bulan, Gratis SSL Certificate, Host 5 Domain

  3. Layanan Update. Penyediaan layanan install awal OpenSID ke server hosting termasuk contoh data awal, dan layanan update ke rilis baru setiap bulan sebanyak 11 kali sesudah install awal. Layanan ini akan dilakukan secara remote dan atas persetujuan desa. Desa diminta memberi persetujuan setiap kali melakukan update. Proses update akan dilakukan menggunakan proses standar yang diawali dengan backup database dan folder desa.

    Dengan layanan ini, desa akan terjamin selalu menggunakan OpenSID rilis terkini. Layanan ini akan mengurangi beban teknis dan waktu pengelola SID desa.

Biaya Paket

Biaya paket layanan ini per tahun dirinci berikut.

Komponen Biaya (Rp)
Domain opendesa.id 55.000
Hosting 200.000
Install & update 500.000
Total 755.000

 

Desa tidak harus mengambil seluruh komponen. Misalnya desa bisa memesan hosting saja atau nama domain saja. Tujuannya untuk memudahkan desa dengan memberi fleksibilitas dalam memanfaatkan layanan dari OpenDesa.

Layanan Mengonlinekan OpenSID ini tidak termasuk impor data penduduk, penyesuaian surat, pembuatan surat baru,  penyesuaian tampilan atau kebutuhan spesifik desa lainnya. Apabila layanan tambahan seperti ini diperlukan, silakan kirimkan kebutuhannya secara rinci ke info@opendesa.id untuk dibuatkan perkiraan biaya tambahan.

 

Pendaftaran

Apabila berminat memanfaatkan layanan ini, silakan kirim informasi desa anda sebagai berikut kepada email info@opendesa.id, atau mengisi FORMULIR INI atau ke WA 0852-4609-8111.

Pembayaran

Pembayaran Rp 755.000 untuk Layanan Mengonlinekan OpenSID dapat dikirim ke rekening berikut:

Nama Bank : BCA
Nama Rekening : Krisnawati Ridwan
Nomor Rekening : 0840-3835-98

Testimonial Pengguna Layanan Mengonlinekan OpenSID