Mengonlinekan OpenSID2022-09-08T10:19:42+07:00

Layanan Mengonlinekan OpenSID

Paket Mengonlinekan OpenSID ini mempermudah desa yang ingin mengonlinekan OpenSID, tetapi terkendala SDM. Layanan ini juga untuk membantu desa yang ingin fokus pada pemanfaatan SID, dan bermaksud menyerahkan pengelolaan teknis SID pada pihak lain.

Dana lebih dari layanan ini akan digunakan oleh OpenDesa untuk terus mengembangkan OpenSID dan aplikasi lainnya yang nantinya dikelola oleh OpenDesa. Dengan menggunakan layanan ini, selain membantu desa sendiri,  secara tidak langsung desa juga akan membantu Desa Digital Terbuka dan pengembangan OpenSID.

PAKET LAYANAN MENGONLINEKAN OPENSID MENCAKUP

Penyediaan nama domain menggunakan domain induk opendesa.id. Dalam layanan ini, desa diberikan nama subdomain sesuai dengan nama desanya. Misalnya, untuk Desa Tangga Barito, Kecamatan Dulupi, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, diberi nama domain tanggabarito.opendesa.id.Domain ini bisa digunakan sebagai nama sementara, di mana desa masih dalam proses memperoleh domain resmi Kominfo desa.id. Setelah desa memperoleh domain desa.id, OpenDesa akan membantu mengarahkan domain tersebut ke hosting di butir (2) di bawah.

Penyediaan hosting dengan spesifikasi yang memadai dan yang memenuhi syarat untuk hosting website desa. Lokasi servernya di Indonesia, sesuai dengan ketentuan Kominfo untuk website yang menggunakan domain desa.id. Hostingnya juga menyediakan fitur SSL untuk keamanan, dan setiap desa diberi cPanel tersendiri.

Spesifikasi standar yang disediakan pada paket ini:

  • 1GB SSD Storage, RAM 512, Unlimited Bandwidth per bulan, Gratis SSL Certificate, Terminal/SSH
  • 3GB SSD Storage, RAM 1024, Unlimited Bandwidth per bulan, Gratis SSL Certificate, Terminal/SSH
  • 7GB SSD Storage, RAM 2048, Unlimited Bandwidth per bulan, Gratis SSL Certificate, Terminal/SSH

Penyediaan layanan install awal OpenSID ke server hosting termasuk contoh data awal, dan layanan install/update untuk 1 tahun ini hanya menyediakan Install 1 kali beserta update rev bulan pertama (jika ada) dan update 2 kali bulan berikutnya (jika ada) selama 11 bulan. Layanan ini akan dilakukan secara remote dan atas persetujuan desa. Desa diminta memberi persetujuan setiap kali melakukan update. Proses update akan dilakukan menggunakan proses standar yang diawali dengan backup database dan folder desa.

Dengan layanan ini, desa akan terjamin selalu menggunakan OpenSID rilis terkini. Layanan ini akan mengurangi beban teknis dan waktu pengelola SID desa.

Layanan install/update untuk 1 tahun ini hanya menyediakan Install 1 kali beserta update rev bulan pertama (jika ada) dan update 2 kali bulan berikutnya (jika ada) selama 11 bulan. Itu saja, dan tidak termasuk pelatihan cara install/update ataupun bantuan mangatasi masalah lain yang dialami pelanggan. Dan juga bukan untuk membantu update tambahan selain yang layanan tersebut di atas.

OpenDesa secara rutin menggunakan dana yang dimilikinya untuk menerapkan fitur yang dianggap penting dan berprioritas tinggi menggunakan programmer berbayar. Akses pada fitur tersebut diprioritaskan bagi desa yang mengambil Langganan Fitur Premium. Fitur tersebut dapat suatu ketika masuk ke rilis umum pada waktu yang ditentukan OpenDesa. Dengan berlangganan fitur premium, desa memastikan mendapatkan akses pada fitur premium pada saat pertama kalinya disediakan OpenDesa.

Jika anda hanya mengambil layanan langganan fitur Premium saja, maka kami hanya menyediakan rilis terbaru bagi pelanggan. Itu saja, dan tidak termasuk bantuan install ataupun update.

Layanan ini merupakan tambahan dari layanan yang telah ada.

Seperti :

  • Layanan install/update untuk 1 tahun ini hanya menyediakan Install 1 kali beserta update rev bulan pertama (jika ada) dan update 2 kali bulan berikutnya (jika ada) selama 11 bulan. Itu saja, dan tidak termasuk pelatihan cara install/update ataupun bantuan mangatasi masalah lain yang dialami pelanggan. Dan juga bukan untuk membantu update tambahan selain yang paket tersebut di atas.
  • Langganan Fitur  premium hanya bertujuan menyediakan rilis terbaru bagi pelanggan. Itu saja, dan tidak termasuk bantuan install ataupun update. 

Maka dilayanan tambahan ini kami menyediakan layanan seperti :

  • Layanan Bantuan Teknis (bukan pelatihan)
  • Layanan install/update pada server offline
  • Layanan install/update pada hosting di luar OpenDesa.

OpenDESA juga menyediakan tema (theme) Premium, yang merupakan kontribusi dari pegiat OpenSID dengan tampilan dan fasilitas berbeda dari tema reguler. Tema ini dibeli cukup sekali dengan harga 250.000, Tema tersebut adalah : – Tema DeNatra (natairaya.desa.id– Tema Silir (preview.silirdev.com– Tema DeNava (nataibaru.desa.id)

PAKET LAYANAN DASAR

Biaya Layanan ini Berlangganan Tahunan

Layanan Dasar Swadaya

755.000

Layanan Dasar Swakarya

951.000

Layanan Dasar Swasembada

1.215.000

PAKET LAYANAN PREMIUM

Biaya Layanan ini Berlangganan Tahunan

Premium Berkembang

2.055.000

Premium Maju

2.251.000

Premium Mandiri

2.515.000

PAKET LAYANAN PILIHAN

Biaya Layanan ini Berlangganan Tahunan

Layanan Dasar VPS

1.955.000

Layanan Premium VPS

3.255.000

LAYANAN PILIHAN

Sesuaikan

PAKET LAYANAN TAMBAHAN

Bantuan Teknis

Biaya :

* Layanan ini ditujukan untuk membantu pengguna dalam mengatasi masalah teknis yang dihadapi sampai tuntas.

* Layanan ini  untuk mengatasi masalah, bukan untuk pelatihan.

* Selama layanan ini aktif, pengguna bebas mendapatkan bantuan tanpa batas

Install/Update Tambahan

Biaya :

Layanan install/update tambahan bagi desa yang memiliki lebih dari satu server, seperti untuk install pada server kedua dan server lainnya.

Install/Update Hosting Dalam

Biaya :

Layanan install/update ini berlaku bagi desa yang berlangganan hosting di OpenDesa dan tidak mengambil layanan instal/update tahunan pada layanan. Juga berlaku bagi desa yang melakukan install OpenSID kembali di server yang sama.

Install/Update Hosting Luar

Biaya :

Bagi pengguna yang menggunakan hosting di luar OpenDesa:

* Biaya Layanan Install/Update  Rp.800.000/ tahun.

* Install 1 kali dan Update 11 kali (1 kali per bulan) selama 1 tahun.

TEMA BERBAYAR OpenSID

Tema ini digunakan untuk mempercantik tampilan website Desa, pembelian tema OpenSID hanya 1 kali bayar dan dapat update selamanya (jika ada).

Tema DeNatra

Tema ini menjadi terfavorit, sangat responsive, ringan, tampak elegan dan mudah disesuaikan oleh pengguna.

Lisensi Tema DeNatra berdasarkan Identitas Desa, Aktivasi cukup 1 kali dan bisa digunakan selamanya.

Tema Silir

Tema yang ringan, responsive, dan mudah dikustomisasi sesuai selera pengguna

Tema Batuah

Tema sangat Resposive, dan juga Elegan. Selain itu terdapat pilihan warna yang bisa di gunakan sesuai dengan selera pengguna. Ringan di pakai dan juga Banyak Fitur yang di sediakan

Tema DeNava

Tema ini Elegan & Simple, Ringan & Responsive, Mudah disesuaikan dan menyesuaikan OpenSID terkini.

Lisensi Tema DeNava berdasarkan Identitas Desa, Aktivasi cukup 1 kali dan bisa digunakan selamanya.

Tema Costum

Kami juga melayani pemesanan tema costum sesuai permintaan anda.

TANYA JAWAB LAYANAN

Layanan Dasar : 

jenis layanan ini menggunakan aplikasi OpenSID Rilis Umum  (gratis) dan desa hanya berlangganan hosting, domain dan install/update.

Layanan Premium :

jenis layanan ini menggunakan aplikasi OpenSID Rilis Premium, desa selain berlangganan hosting, domain dan install/update juga ada biaya langganan tambahan yaitu langganan OpenSID Fitur Premium.

OpenSID Rilis Umum (gratis) :

Rilis Umum merupakan aplikasi OpenSID yang disediakan GRATIS 100% untuk desa di seluruh Indonesia. OpenSID juga bisa digunakan secara offline/online. Jika penggunaan secara offline maka gratis semuanya, tapi jika di onlinekan butuh biaya sewa hosting, domain dan jasa install/update jika dibutuhkan.

OpenSID Rilis Premium (berlangganan) :

Rilis Premium akan digabung ke Rilis Umum dengan jeda enam bulan kemudian. Yaitu Rilis Umum persis sama dengan Rilis Premium, hanya versi 6 bulan sebelumnya.

Jadi kalau ingin memanfaatkan fitur baru lebih dulu, sebaiknya berlangganan Fitur Premium. Kalau sabar menunggu enam bulan, cukup gunakan Rilis Umum.

Pada OpenSID Fitur Premium juga tersedia aplikasi Android untuk layanan mandiri masyarakat dan aplikasi PBB.

Tambahan Informasi : Perbandingan Rilis Umum dan Rilis Premium

OpenSID Premium langganannya tahunan, jika tidak diperpanjang maka desa tidak akan mendapatkan update aplikasi terbaru sejak masa langganan berakhir dan juga layanan apk Androidnya.

Untuk aplikasi PBB dan OpenSID nya tetap bisa digunakan untuk selama-lamanya.

Bisa, tapi kami hanya menyediakan source aplikasi OpenSID Premiumnya saja dan untuk penginstalan serta update tidak menjadi tanggung jawab kami.

Bisa, jika anda hanya berlangganan hosting saja untuk install/update dan lainnya tidak menjadi tanggung jawab kami, dan itu dilakukan oleh desa/pelangganan sendiri.

Layanan install/update untuk 1 tahun ini hanya menyediakan Install 1 kali beserta update rev bulan pertama (jika ada) dan update 2 kali bulan berikutnya (jika ada) selama 11 bulan. Itu saja, dan tidak termasuk pelatihan cara install/update ataupun bantuan mangatasi masalah lain yang dialami pelanggan. Dan juga bukan untuk membantu update tambahan selain yang paket tersebut di atas.

Bisa, anda bisa hanya mengambil layanan install/update saja jika sudah memiliki hosting sendiri.

Install/update ini untuk Hosting di Luar OpenDesa dan hanya menyediakan Install 1 kali dibulan pertama dan update 1 kali bulan berikutnya selama 11 bulan.

Sebagai informasi, Aplikasi OpenSID senantiasa Gratis untuk seluruh desa/kelurahan.

Tersedia juga Fitur Premium yg dapat digunakan oleh Desa ketika pertama kali fitur baru rilis di OpenSID.

Fitur tersebut akan rilis ke versi umum dengan jeda 6 bulan kemudian, dengan demikian OpenSID Fitur Premium dan Umum 100% sama, hanya beda waktu rilis.

Selain itu, Pelanggan Fitur Premium bisa memanfaatkan Aplikasi lainnya yang dikelola oleh OpenDesa, seperti:

  1. Aplikasi PBB,
  2. Aplikasi Android, 
  3. Aplikasi Lain nantinya.

bagi desa yg ingin langsung pakai fitur baru, bisa ikut fitur premium yg dikenakan biaya langganan 1 juta untuk 1 tahun.

PEMBAYARAN LAYANAN :

Pembayaran biaya Mengonlinekan OpenSID sesuai dengan jenis paket layanan yang anda pilih di transfer ke rekening berikut :

HUBUNGI PELAKSANA LAYANAN KAMI

Silakan anda hubungi pelaksana dan pesan layanan sesuai pilihan anda :

Ariandi Ryan Kahfi