Mengonlinekan OpenSID2021-11-21T20:22:35+07:00

Layanan Mengonlinekan OpenSID

Paket Mengonlinekan OpenSID ini mempermudah desa yang ingin mengonlinekan OpenSID, tetapi terkendala SDM. Layanan ini juga untuk membantu desa yang ingin fokus pada pemanfaatan SID, dan bermaksud menyerahkan pengelolaan teknis SID pada pihak lain.

Dana lebih dari layanan ini akan digunakan oleh OpenDesa untuk terus mengembangkan OpenSID dan aplikasi lainnya yang nantinya dikelola oleh OpenDesa. Dengan menggunakan layanan ini, selain membantu desa sendiri,  secara tidak langsung desa juga akan membantu Desa Digital Terbuka dan pengembangan OpenSID.

PAKET MENGONLINEKAN OPENSID MENCAKUP

Penyediaan nama domain menggunakan domain induk opendesa.id. Dalam layanan ini, desa diberikan nama subdomain sesuai dengan nama desanya. Misalnya, untuk Desa Tangga Barito, Kecamatan Dulupi, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, diberi nama domain tanggabarito.opendesa.id.Domain ini bisa digunakan sebagai nama sementara, di mana desa masih dalam proses memperoleh domain resmi Kominfo desa.id. Setelah desa memperoleh domain desa.id, OpenDesa akan membantu mengarahkan domain tersebut ke hosting di butir (2) di bawah.

Penyediaan hosting dengan spesifikasi yang memadai dan yang memenuhi syarat untuk hosting website desa. Lokasi servernya di Indonesia, sesuai dengan ketentuan Kominfo untuk website yang menggunakan domain desa.id. Hostingnya juga menyediakan fitur SSL untuk keamanan, dan setiap desa diberi cPanel tersendiri.

Spesifikasi standar yang disediakan pada paket ini:

1GB SSD Storage, RAM 512, Unlimited Bandwidth per bulan, Gratis SSL Certificate, Terminal/SSH 3GB SSD Storage, RAM 1024, Unlimited Bandwidth per bulan, Gratis SSL Certificate, Terminal/SSH 7GB SSD Storage, RAM 2048,Unlimited Bandwidth per bulan, Gratis SSL Certificate, Terminal/SSH

Penyediaan layanan install awal OpenSID ke server hosting termasuk contoh data awal, dan layanan update ke rilis baru setiap bulan sebanyak 11 kali sesudah install awal. Layanan ini akan dilakukan secara remote dan atas persetujuan desa. Desa diminta memberi persetujuan setiap kali melakukan update. Proses update akan dilakukan menggunakan proses standar yang diawali dengan backup database dan folder desa.

Dengan layanan ini, desa akan terjamin selalu menggunakan OpenSID rilis terkini. Layanan ini akan mengurangi beban teknis dan waktu pengelola SID desa.

OpenDesa secara rutin menggunakan dana yang dimilikinya untuk menerapkan fitur yang dianggap penting dan berprioritas tinggi menggunakan programmer berbayar. Akses pada fitur tersebut diprioritaskan bagi desa yang mengambil Langganan Fitur Premium. Fitur tersebut dapat suatu ketika masuk ke rilis umum pada waktu yang ditentukan OpenDesa. Dengan berlangganan fitur premium, desa memastikan mendapatkan akses pada fitur premium pada saat pertama kalinya disediakan OpenDesa.

OpenDESA juga menyediakan tema (theme) Premium, yang merupakan kontribusi dari pegiat OpenSID dengan tampilan dan fasilitas berbeda dari tema reguler. Tema ini dibeli cukup sekali dengan harga 250.000, Tema tersebut adalah : – Tema DeNatra (natairaya.desa.id) – Tema Silir (preview.silirdev.com)

PAKET LAYANAN DASAR

Biaya Layanan ini Beralangganan Tahunan

Layanan Dasar I

755.000

Layanan Dasar II

951.000

Layanan Dasar III

1.215.000

PAKET LAYANAN PREMIUM

Biaya Layanan ini Beralangganan Tahunan

Layanan Premium I

1.755.000

Layanan Premium II

1.951.000

Layanan Premium III

2.215.000

PAKET LAYANAN PILIHAN

Biaya Layanan ini Beralangganan Tahunan

Layanan Dasar VPS

1.905.000

Layanan Premium VPS

2.905.000

LAYANAN PILIHAN

Sesuaikan

PEMBELIAN THEMA PRO

Pembelian Tema OpenSID Pro Hanya 1 Kali Pembelian

Thema Denatra

Thema denatra memmpunyai tampilan yang ilegan dan responsive.

Thema Silir

Thema silir memmpunyai tampilan yang ilegan dan responsive.​

Thema Costum

Kami juga melayani pemesanan tema costum sesuai permintaan anda.

PEMBAYARAN LAYANAN :

Pembayaran biaya Mengonlinekan OpenSID sesuai dengan jenis paket layanan yang anda pilih di transfer ke rekening berikut :

HUBUNGI PELAKSANA LAYANAN KAMI

Silakan anda hubungi pelaksana dan pesan layanan sesuai pilihan anda :

TANYA JAWAB LAYANAN

Layanan Dasar : 

jenis layanan ini menggunakan aplikasi OpenSID Rilis Umum  (gratis) dan desa hanya berlangganan hosting, domain dan maintenance.

Layanan Premium :

jenis layanan ini menggunakan aplikasi OpenSID Rilis Premium, desa selain berlangganan hosting, domain dan maintenance juga ada biaya langganan tambahan yaitu langganan OpenSID fitur Premium.

Opensid Rilis Umum (gratis) :

Rilis Umum merupakan aplikasi OpenSID yang disediakan GRATIS 100 % untuk desa di seluruh indonesia. OpenSID juga bisa digunakan secara offline / online. Jika penggunaan secara offline maka gratis semuanya, tapi jika di onlinekan butuh biaya sewa hosting, domain dan jasa maintenance jika dibutuhkan.

OpenSID Rilis Premium (berlangganan) :

Rilis Premium akan digabung ke Rilis Umum dengan jeda enam bulan setelah lunas. Yaitu Rilis Umum persis sama dengan Rilis Premium, hanya versi 6 bulan sebelumnya.

Jadi kalau ingin memanfaatkan fitur baru lebih dulu, sebaiknya berlangganan Premium. Kalau sabar menunggu enam bulan, cukup gunakan Rilis Umum.

Pada OpenSID Premium juga tersedia apk Androidnya untuk layanan mandiri masyarakat dan aplikasi PBB.

Tambahan Informasi : Perbandingan Rilis Umum dan Rilis Premium

OpenSID Premium langganannya tahunan, jika tidak diperpanjang maka desa tidak akan mendapatkan update aplikasi terbaru sejak masa langganan berakhir dan juga layanan apk Androidnya.

Untuk aplikasi PBB dan OpenSID nya tetap bisa digunakan untuk selama-lamanya.

Bisa, tapi kami hanya menyediakan source aplikasi OpenSID Premiumnya saja dan untuk penginstalan serta update (maintenance) tidak menjadi tanggung jawab kami.

Bisa, jika anda hanya berlangganan hosting saja untuk maintenance dan lainnya tidak menjadi tanggung jawab kami, dan itu dilakukan oleh desa/pelangganan sendiri.

Bisa, anda bisa hanya mengambil layanan maintenance saja jika sudah memiliki hosting sendiri.