Pengurus Pusat2020-06-04T23:06:09+07:00

PENGURUS

Ketua Umum

Hernindya Wisnuadji

hernindya.wisnuadji@opendesa.id
Telegram: @AdjieHW
Domisili : Yogyakarta, DIY

Hernindya Wisnu Adjie,Pria kelahiran Yogyakarta ini merupakan salah satu pelopor terbentuknya OpenDesa dan juga Pegiat Pengelolaan Pengetahuan Desa dan Audit Sosial. Pernah Belajar Monitoring Partisipatif di Hyderabad India, Ruang Publik dan Pasar Tradisional di Singapura, dan Media Komunitas di Manila Filipina.

Beliau menjadi Ketua Umum untuk periode 2020-2023.

Wakil Ketua

Lusianto, S.Kom., M.Si

lusianto@opendesa.id
Telegram: +62 811-2033-598
Domisili : Bandung, Jawa Barat

Lusianto,Pria anak Petani Asli Kebumen Jawa Tengah, Besar SD sampai SMP di Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen, Kemudian SMA di SMA Negeri Gombong, pada Tahun 1997 Hijrah Ke Bandung Melanjutkan Pendidikan S1 Komputer di Sebuah Perguruan tinggi Swasta di Bandung, Kemudian setelah lulus Mengajar di sebuah Akademi swasta sambil melanjutkan pendididikan dengan konsentrasi Rekayasa Perangkat Lunak.
Pada Tahun 2004 diterima di Pemda Kab. Bandung Sebagai PNS. Meniti karir di Pemerintahan dan tahun 2008 Melanjutkan Pendidikan Konsentrasi Kebijakan Publik. Mengenal opensid pada pertengahan tahun 2016 pada saat bertugas dikecamatan. Pada saat itu desa desa ingin dibuatin aplikasi administrasi desa. Tahun 2017 bergabung dengan Dinas Komunisi Informatika dan statistik, dan mulai mengajak desa desa untuk mengiplementasikan opensid, akhirnya akhir tahun 2017 dari 270 desa dikabupaten bandung mempunyai domain desa.id semua dan menggunakan opensid. Dengan Menjadi Kepala Bidang Aplikasi Informatika mencoba terus berinovasi membantu pengembangan Opensid.
Kemampuan Teknis.
1. Pemrograman Basic Pascal, C, Asembler,
2. Web Analisis
3. Web Developer
4. Database Oracle, mysql, postgreSql
5. Linux server management
6. Securty System
Moto : Selalu Selangkah didepan

Wakil Ketua I

Julis Suryadi

julis.suryadi@opendesa.id
Telegram: @julis_suryadi
Domisili: Kutai Barat, Kalimantan Timur Sejak tanggal 8

Julis Suryadi,

Wakil Ketua II

Nur Hidayat

dayat.ketoz@gmail.com
Telegram : +62 822 8315 3068
Domisili : Indragiri Hilir, Riau

Nur hidayat, Pria kelahiran Indragiri Hilir khusunya di suatu tempat yang bernama kelurahan sungai salak. Pria ini besar dan tinggal di daerah pelosok yang bernama Desa Hibrida Jaya, Nur Hidayat memulai karirnya dari guru honorer pada tahun 2013, pada tahun 2016 ketika terpilihnya kepala desa baru beliau di angkat menjadi perangkat desa dengan jabatan kasi pemerintah, kemudian pada tahun 2019 terjadi rolling jabatan beliau naik menjadi sekretaris desa hingga sekarang, dan di akhir tahun 2019 beliau menjadi Plh.

Kepala Desa di karenakan Kepala Desa Defenitif meninggal dunia. Walaupun latar belakang pendidikan dari jurusan sastra dan bahasa Indonesia, tidak menyurutkan tujuannya untuk memajukan desa, akhirnya pada 30 mei 2019 beliau bergabung di grup forum pengguna dan pegiat OpenSID yang memiliki visi misi memajukan desa-desa di Indonesia.

Pada 12 Oktober 2019 akhirnya bergabung menjadi anggota resmi opendesa.

Wakil Ketua III

Moh.Aidin

mohhammadaidin@gmail.com
Telegram : +62 853 9461 3035
Domisili: Parigi Moutong, Sulawesi Tengah

Moh.Aidin, atau Ai Skematik lahir di Parigi Moutong pada tanggal 26 April 1990. Pengurus Perkumpulan Desa Digital Terbuka yang satu ini tidak memiliki backround pendidikan formal yang berhubungan dengan Teknologi Informasi. Pendidikannya adalah jurusan Administrasi Publik pada Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Negara Panca Marga Palu. Ayah dan ibu Ai hanya seorang petani biasa. Namun bakat Ai dalam mengembangkan Sistem Informasi untuk Kemajuan Desa tidak perlu diragukan lagi. Saat menjadi Sekretaris Desa Tompo tahun 2016-2019 beberapa terobosan penerapan teknologi informasi dilakukan didesanya, seperti pembuatan website desa, pembuatan aplikasi untuk pengelolaan pajak bumi dan bangunan, dan pelayanan administrasi warga menggunakan aplikasi OpenSID. Dan desanya merupakan desa Pertama di Kabupaten Parigi Moutong yg memiliki website desa. Walaupun sudah tidak menjadi sekretaris desa lagi tapi saat ini masih tetap aktif membina desa-desa di Kabupaten Parigi Moutong dalam implementasi Aplikasi OpenSID.

Sekretaris

Herry Wanda,A.Md.Kom

herry.wanda@opendesa.id
Telegram : +62 852-4609-8111
Domisili : Lima Puluh Kota, Sumatera Barat

Herry Wanda, lahir di Kota Padang tepatnya 30 tahun yang lalu,beliau mulai meniti karir sebagai Perangkat Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang Kec.Luak Kab.Lima Puluh Kota, Prov.Sumatera Barat sebagai Kasi Pemerintahan, Herry Wanda pernah bersekolah di Pergururan Tinggi AMIK BOEKITTINGGI.

Wakil Sekretaris I

Rudy Purwanto

rudy.purwanto@opendesa.id
Telegram : +62 813 3266 5358
Domisili : Jombang, Jawa Timur

Rudi Purwanto, Lahir di Jember, 44 Tahun yang lalu. Menamatkan sebagian besar pendidikan di Jember. Mengabdi pada Lembaga Pendidikan Komputer (PPKIA) selama kurang lebih 10 tahun, dilanjutkan dengan bekerja pada Lembaga Keuangan (Artajasa PE dan Bank Indonesia) selama 10 tahun. Dan menjadi Programmer Lepas (Freelance) sampai saat ini.

Wakil Sekretaris II

Wahyudi

willywahyu46@gmail.com
Telegram : +62 852 5731 3662
Domisili : Situbondo, Jawa Timur

Wahyudi, Lahir di Desa Kesambirampak Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo Provinsi Jawa Timur pada tahun 1988, sebagian besar berkecimpung didunia pendidikan pondok pesantren. Sejak tahun 2017 sampai dengan sekarang aktif di desa sebagai operator.

Bendahara

Ariandi Ryan Kahfi, S.Pd

ariandi@mail.com
Telegram : @ariandi
Domisili : Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah

Ariandi Ryan Kahfi, Lulus dari Universitas Muhammadiyah Malang tahun 2010, pria kelahiran tahun 1989 ini mengabdikan diri sebagai Guru Matematika di SMA Negeri 2 Pangkalan Bun. Pada tahun 2017 pria ini mengikuti Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa Natai Raya dan dilantik sebagai Sekretaris Desa hingga sekarang.

DEWAN PENASIHAT/PEMBINA

Ketua

Eddie Ridwan, PhD

eddie.ridwan@opendesa.id
Telegram: @eddieridwan
Domisili : Melbourne, Australia

Eddie Ridwan, Sejak memprakarsai OpenSID pada tahun 2016 dan mengawal pembentukan Perkumpulan Desa Digital Terbuka (OpenDesa) selama tahun 2018-2019, Eddie Ridwan terus mengupayakan tercapainya visi dan misi komunitas OpenSID dan OpenDesa untuk memajukan sebanyak mungkin desa melalui teknologi informasi terbuka. Beranjak dari karir 40 tahun lebih di bidang teknologi informasi di Selandia Baru, Indonesia, Inggris dan Australia, Eddie Ridwan tergerak terus membina OpenDesa dan OpenSID karena terbuktinya manfaat nyata bagi desa dan potensinya membantu desa memajukan bangsa.

Anggota

Maskar M

maskar.m@gmail.com
Telegram: 0821 4609 8111
Domisili : Lima Puluh Kota, Sumatera Barat

Maskar M,Pria Kelahiran 5 Januari 1968 ini merupakan anggota penasihat OpenDesa, .

KOORDINATOR WILAYAH

Walaupun belum terbentuk, dicanangkan adanya Koordinator Wilayah di tingkat kabupaten, yang mempunyai peran utama mengembangkan dan mendukung penyebaran dan penerapan aplikasi TIK sumber terbuka yang dikelola OpenDesa di wilayah mereka.

Koordinator Wilayah akan ditunjuk dari kalangan anggota resmi OpenDesa.