Pengurus Pusat2019-11-08T02:45:33+07:00

STRUKTUR ORGANISASI

PENGURUS :

Ketua Umum
merangkap Bendahara

Hernindya Wisnuadji
Telegram: @AdjieHW

 

Wakil Ketua

Lusianto, S.Kom., M.Si
Telegram: +62 811-2033-598

 

Sekretaris

Herry Wanda,A.Md.Kom
Email : herry.wanda@opendesa.id
Telegram: +62 852-4609-8111

Lulusan Manajemen Informatika & Komputer di Amik Boekitting Sumatera Barat tahun 2015, semasa kuliah sudah berkarier sebagai Operator Sekolah dari tahun 2011 s/d 2016. Kemudian ditahun 2017 melanjutkan karier sebagai Perangkat Desa hingga sekarang.

Herry Wanda hobi dibidang teknologi hingga bergabung di komunitas pegiat dan pengguna openSID semenjak 2016 karna  ingin menerapkan dan membantu mamajukan desa melalui TIK.

Hingga membawa nagari/desa-nya tempat bekerja menjadi peringkat 1(Satu) keterbukaan informasi publik ditingkat Provinsi dengan memanfaat OpenSID. Sekarang Nagari tersebut menjadi Sekretariat Nasional OpenDesa dikarnakan keaktifan dan kegigihan dalam menerapkan OpenSID di Nagari-nagari/desa Provinsi Sumatera Barat maupun desa diluar Sumatera.Baik untuk layanan informasi dan layanan Informasi Publik Desa.

Sembari mengemban tugas negara sebagai perangkat desa, beliaupun melayanani desa/nagari dalam hal tehnical suport, konsultasi, belajar penerapan dan penggunaan OpenSID bagi desa yang berkunjung langsung ke seknas maupun secara online (Medos, dll).

 

Wakil Sekretaris

Julis Suryadi
julis.suryadi@opendesa.id
Telegram: @julis_suryadi

Sejak tanggal 8 Desember 2017, pak Julis ini bergabung di group Pengguna dan Pegiat OpenSID di Facebook karena keinginannya mengimplementasikan Sistem Informasi Desa yang masih sangat kurang di Kampungnya. pada tahun 2018 ketika OpenDESA mulai dibentuk, mendapat kehormatan untuk menjadi salah satu pendiri OpenDESA.

Lulusan Administrasi Bisnis di Politeknik Sendawar tahun 2008, suka desain, internet of things dan menggemari aplikasi aplikasi “web-based”. Pernah Menjabat sebagai Sekretaris Badan Permusyawaratan Desa Sekolaq Darat, Kec. Sekolaq Darat, Kutai Barat, Kaltim pada tahun 2018, Ayah dari 2 orang anak ini sekarang (sejak tahun 2019) menjabat sebagai Kepala Urusan Tata Usaha / Umum di kantor yang sama.

Saat ini, Kampung Sekolaq Darat merupakan satu satunya Kampung di Kecamatan Sekolaq Darat bahkan satu satunya kampung yang ada di Kabupaten Kutai Barat yang telah aktif secara offline memanfaatkan OpenSID. Secara aktif beliau juga terus memperkenalkan OpenSID kepada kampung kampung tetangga.

 

PENGAWAS :

Ketua

Eddie Ridwan, PhD
eddie.ridwan@opendesa.id
Telegram: @eddieridwan

Lulusan Computer Science dari University of Canterbury, NZ, tahun 1979, Eddie Ridwan selama karirnya berkarya di bidang teknologi informasi. Sejak pensiun pada tahun 2014, Eddie Ridwan fokus pada cita-cita dan hasratnya untuk membantu desa, walaupun dari kejauhan di Australia.

Eddie Ridwan adalah pencetus awal OpenSID, sebagai konsep aplikasi sumber terbuka berbasis komunitas, yang gratis dan bebas digunakan desa. Beliau terus berjuang untuk mengembangkan OpenDesa supaya mampu menjamin keberlangsungan pengembangan aplikasi sumber terbuka OpenSID, OpenDK dll untuk memajukan desa.

 

Anggota

Maskar M
Telegram: 0821 4609 8111

 

KOORDINATOR WILAYAH

Walaupun belum terbentuk, dicanangkan adanya Koordinator Wilayah di tingkat kabupaten, yang mempunyai peran utama mengembangkan dan mendukung penyebaran dan penerapan aplikasi TIK sumber terbuka yang dikelola OpenDesa di wilayah mereka.

Koordinator Wilayah akan ditunjuk dari kalangan anggota resmi OpenDesa.