Jumlah pengguna aplikasi yang dikelola OpenDesa, seperti OpenSID dan OpenDK, terus meningkat. Aplikasi-aplikasi sumber terbuka gratis ini membantu ribuan desa di seluruh Indonesia untuk memajukan desa dan kecamatan mereka. Permintaan perbaikan dan penambahan fitur juga terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna.
Sesuai dengan moto OpenDesa, “berbagi, berkolaborasi, bekerja sama untuk manfaat bersama”, komunitas OpenDesa saling membantu dalam penggunaan dan mengatasi kendala teknis yang dialami. Selain itu, OpenDesa juga dituntut untuk membantu pengguna dalam memanfaatkan aplikasi secara maksimal dan untuk mengatasi kendala teknis jika ada. Dan permintaan bantuan itu terus meningkat.
Untuk lebih mampu memenuhi permintaan ini, OpenDesa memerlukan Petugas Dukungan Teknis penuh waktu (40 jam kerja per minggu) untuk fokus mendukung pengguna aplikasi yang dikelola OpenDesa supaya dapat memanfaatkan secara maksimal.
Posisi ini adalah kesempatan emas bagi seorang profesional yang ingin menggunakan ketrampilannya untuk menghasilkan kebaikan yang nyata. Sangat jarang ditemukan pekerjaan di mana seorang profesional teknis leluasa bisa kreatif menerapkan berbagai teknologi dan sekaligus membantu ribuan desa dan jutaan warga mereka.
Tugas petugas Dukungan Teknis OpenDesa adalah sebagai berikut:
- Mengembangkan dan menyempurnakan dokumentasi penggunaan aplikasi OpenDesa
- Mengembangkan dan menyempurnakan materi dan alat bantu pendukung pengguna lain, seperti yang ada di https://forum.opendesa.id, https://helpdesk.opendesa.id dan media sosial OpenDesa
- Memantau dan mengatasi keluhan teknis pengguna
- Menerjemahkan keluhan dan permintaan pengguna ke dalam spesifikasi teknis (issue di Github) yang siap dikerjakan programmer
- Memberi masukan pada Tim Pengembangan Aplikasi perbaikan untuk memudahkan pengguna dan mengurangi kekeliruan pengguna
- Membantu melakukan pengujian aplikasi untuk mengurangi error pada rilis dan untuk menemukan bug yang ada di aplikasi
- Memberi pelatihan rutin penggunaan aplikasi kepada pengguna
- Melakukan tugas teknis lain sesuai arahan Direktur Pengembangan Aplikasi.
Syarat petugas Dukungan Teknis OpenDesa:
- Berpendidikan tinggi, minimal lulusan DIII
- Pengalaman kerja minimal satu tahun
- Kemampuan berkomunikasi yang tinggi dengan pengguna dan semua pemangku kepentingan
- Pengetahuan dasar tentang bahasa pemrograman, terutama PHP, HTML, CSS, MySQL.
- Kemampuan untuk berkolaborasi dengan programmer untuk memahami kode aplikasi.
- Pengalaman menyusun dokumentasi penggunaan aplikasi.
- Pengalaman mendukung pengguna aplikasi.
- Pengalaman memberi pelatihan penggunaan aplikasi.
- Pengalaman menggunakan alat bantu penyusunan dokumentasi teknis, seperti wiki.js, flarum atau alat bantu komunitas lain.
- Pengalaman menggunakan alat bantu dukungan teknis, seperti help desk.
Bagi pelamar terpilih yang memenuhi syarat di atas, akan diminta menunjukkan kompetensinya dengan mengerjakan tugas kecil yang akan kami tentukan.
Semua pekerjaan Petugas Dukungan Teknis OpenDesa dilakukan secara remote.
Posisi ini melapor kepada Direktur Pengembangan Aplikasi OpenDesa.
Remunerasi Petugas Dukungan Teknis OpenDesa secara total adalah Rp 5.000.000 (lima juta rupiah) per bulan.
Posisi ini untuk kontrak 12 bulan, yang dapat diperpanjang. Masa percobaan 3 bulan.
Bagi yang berminat, silakan mengirim surat lamaran beserta CV anda melalui form pendaftaran di tautan berikut ini : https://s.id/lowongan-dukungan-teknis
Pada surat lamaran anda, daftarkan setiap syarat di atas dan jelaskan apa buktinya anda memenuhi masing-masing syarat.
Untuk tahap pertama, lamaran akan diterima sampai dengan tanggal 22 Januari 2024. Kalau sampai hari itu belum diterima lamaran yang cocok, maka akan dibuka tahap ketiga.