Manfaat Menjadi Anggota Resmi2022-08-23T09:41:03+07:00

OpenDesa dikenal mengembangkan aplikasi sumber terbuka (gratis, bebas digunakan) yang membantu desa dan kecamatan, seperti OpenSID dan OpenDK.

Tetapi Perkumpulan Desa Digital Terbuka (OpenDesa) tidak saja mengembangkan aplikasi OpenSID yang dimanfaatkan oleh ribuan desa setiap hari. Lebih dari itu, OpenDesa juga mempunyai misi memberdayakan desa untuk mampu mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi tersebut, supaya betul-betul dapat digunakan untuk memajukan desa. Untuk memberdayakan desa, OpenDesa mendukung dan memfasilitasi pegiat dan komunitas desa yang berperan membantu dan mendampingi desa.

Yang memungkinkan kegiatan dan menghidupkan OpenDesa adalah komunitas pengguna dan pegiat aplikasi kelolaan OpenDesa. Sejak awal, OpenDesa aktif mengajak partisipasi komunitas, dan memfasilitasi agar anggota komunitas dapat saling berbagi dan saling membantu.

Teman-teman yg berminat menjadi Anggota Resmi adalah anggota komunitas yang peduli, bersemangat dan memiliki keinginan kuat untuk menularkan manfaat baik dari produk dan kegiatan OpenDesa untuk merealisasikan potensi desa binaannya.

Bagi teman-teman tersebut, OpenDesa berkomit membantu supaya lebih efektif dan sekaligus memberi kesempatan untuk menentukan masa depan OpenDesa.

Tingkatkanlah potensi anda berbuat hebat bagi desa dengan bantuan dan fasilitasi OpenDesa. Bawalah OpenDesa supaya bisa lebih efektif membantu desa menjadi desa digital menuju desa cerdas.

Dengan bergabung sebagai Anggota Resmi, antara lain anda akan:

  1. Mendapatkan pelatihan dari OpenDesa tentang penggunaan aplikasi kelolaan OpenDesa;
  2. Dapat berperan secara resmi mewakili Opendesa dalam kegiatan yg dilakukan di wilayah anggota;
  3. Mendapatkan binaan ilmu-ilmu yang dirasakan akan membantu kegiatan anggota dan memperdalam kompetensi anggota di bidang teknologi informasi bagi desa;
  4. Bisa aktif mempengaruhi kegiatan OpenDesa termasuk mengusulkan hal-hal yang dianggap baik untuk dilakukan;
  5. Dapat aktif berperan menentukan arah pengembangan OpenDesa;
  6. Dapat dipilih menjadi Pengurus OpenDesa dan berhak memilih Pengurus OpenDesa pada Musyawarah Nasional.

Setelah diterima menjadi Anggota Resmi, anda akan memperoleh Kartu Tanda Anggota, siap untuk anda gunakan menunjukkan desa/kecamatan/kabupaten tempat anda berperan bahwa anda memang mewakili lembaga yang peduli memajukan desa.

Setiap dua minggu sekali, anda akan diajak bertemu di Forum Anggota Resmi, di mana anda bisa mendalami fitur-fitur aplikasi kelolaan OpenDesa, mengikuti pelatihan ilmu-ilmu yang berpotensi membantu upaya memajukan desa. Tidak itu saja, di Forum itu anda juga mempunyai kesempatan memberi masukan, usul dan saran bagaimana membuat OpenDesa lebih hebat lagi.

Selain itu, Anggota Resmi akan mendapat akses pada materi yang merupakan acuan praktis untuk teman-teman gunakan dalam kegiatan berperan di jejaring dan wilayah masing-masing.

Buktikan sendiri, silakan bergabung!