Visi/misi OpenDesa (Perkumpulan Desa Digital Terbuka) adalah membantu sebanyak mungkin desa memanfaatkan teknologi informasi sumber terbuka untuk memajukan desa menuju desa cerdas.
Seiring dengan meningkatnya pengguna aplikasi kelolaan OpenDesa, seperti OpenSID, OpenDK dan OpenKab, kegiatan OpenDesa juga terus meningkat, termasuk dalam pengembangan aplikasi, layanan bagi desa, kegiatan Anggota dan Komunitas, kerjasama dengan desa dan supra-desa, dstnya.
Dengan demikian, tuntutan pada Sekretariat OpenDesa, sebagai organ yang mendukung dan mengkoordinir keseluruhan kegiatan OpenDesa secara Nasional juga terus meningkat.
Untuk menangani beban itu, OpenDesa segera membutuhkan adanya staf sekretariat penuh waktu.
Lowongan ini adalah untuk Staf Sekretariat penuh waktu (minimal 40 jam kerja per minggu), yang mempunyai peran utama untuk mengelola pengadministrasian keseluruhan kegiatan OpenDesa.
Posisi ini adalah kesempatan emas bagi seorang profesional yang ingin menggunakan keterampilan untuk menghasilkan kebaikan yang nyata. Sangat jarang ditemukan pekerjaan pada lembaga berbasis komunitas yang eksis semata-mata untuk membantu ribuan desa dan jutaan warga mereka.
Tugas staf sekretariat OpenDesa adalah sebagai berikut:
Deskripsi Pekerjaan :
- Melakukan tugas administratif mendukung kegiatan unit kerja dan organ OpenDesa.
- Menyusun dan koordinasi penerapan tugas program kerja OpenDesa sesuai arahan Pengurus.
- Menyusun laporan kegiatan, rekap data layanan, serta notulensi dari kegiatan rapat atau pendampingan
- Koordinasi rekrutmen staf OpenDesa.
- Koordinasi evaluasi rutin kinerja staf OpenDesa.
- Menyiapkan agenda dan dokumen yang diperlukan untuk rapat rutin Pengurus.
- Menjamin dan memutakhirkan semua konten website dan media sosial yang dikelola OpenDesa yang di antaranya sebagai berikut :
- Media Website : https://opendesa.id
- Media Sosial
- Instagram : https://www.instagram.com/opendesa/
- Facebook : https://web.facebook.com/opendesa.official
- Youtube : http://bit.ly/opensid-youtube
- Melaksanakan tugas Sekretariat sesuai arahan Kepala Sekretariat
- Membantu pengelolaan komunikasi dan koordinasi administratif dengan desa pengguna layanan, mitra kerja, dan pihak ketiga
- Memberikan bantuan langsung kepada Kepala Sekretariat, Kepala Bagian Administrasi, dan Kepala Bagian Keuangan apabila terdapat pekerjaan yang tidak dapat mereka tangani secara mandiri karena keterbatasan waktu atau sumber daya
- Menjalankan tugas-tugas tambahan lainnya sesuai arahan dari tim Sekretariat dan para Direktur.
Persyaratan Umum
Calon pelamar diharapkan memenuhi kriteria sebagai berikut :
- Berpendidikan tinggi, minimal lulusan S1
- Menguasai tugas-tugas administratif kelembagaan dengan kinerja terbukti
- Menguasai dan berpengalaman merekrut dan membina SDM lembaga
- Menguasai dan berpengalaman melakukan tugas-tugas manajerial, termasuk mengarahkan, memantau capaian dan koordinasi kegiatan lembaga
- Menguasai dan berpengalaman menggunakan teknologi digital kesekretariatan seperti Microsoft Office, Design, Media Sosial, Website dan Google Drive
- Mempunyai karakter baik yang kuat
- Mampu bekerjasama dalam tim maupun individu
- Mampu bekerja dibawah tekanan
- Mampu menguasai teknologi digital kesekretariatan lainnya secara kreatif, mandiri dan cepat
Ketentuan Lainnya :
- Bersedia ditempatkan di lokasi Sekretariat Nasional OpenDesa di Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.
- Posisi ini untuk kontrak 12 bulan, masa percobaan 3 bulan dan dapat diperpanjang.
- Gaji akan diberikan sebesar Rp2.500.000,- per bulan.
Dokumen Yang Wajib Dilampirakan :
- Surat lamaran/permohonan menjadi Staf Sekretariat (Bermatrai); Ditujukan :
- Kepada : Ketua Umum Perkumpulan Desa Digital Terbuka (OpenDesa)
- Kantor Sekretariat Nasional OpenDesa Jln. Soekarno hatta Pakan Sinayan (Hunian Pakan sinayan Residance), Kec. Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Prov. Sumatera Barat. 26226
- Daftar Riwayat Hidup;
- Pas foto berwarna 4 x 6 sebanyak 1 lembar;
- KTP;
- Ijazah terakhir.
- Sertifikat pendukung (jika ada)
Prosedur Pendaftaran :
Pelamar mengisi formulir perekrutan secara online melalui tautan berikut: https://s.id/PerekrutanStaffSekretariat Batas akhir pengisian formulir : 26 Juni 2025
Seleksi
- Seleksi administrasi berdasarkan dokumen dan form yang diisi.
- Peserta yang lolos seleksi administrasi akan dihubungi untuk tahap wawancara secara online.
- Keputusan panitia bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat
Jadwal Seleksi Rekrutmen Staf Sekretariat :
Lamaran akan diterima dari tanggal 16 Juni 2025 sampai dengan tanggal 26 Juni 2025.
Demikian keterangan ini dibuat untuk menjadi acuan dan informasi resmi terkait proses perekrutan staf sekretariat di lingkungan Perkumpulan Desa Digital Terbuka (OpenDesa).