Tanya-jawab Layanan OpenDesa2019-11-11T11:41:12+07:00

TANYA-JAWAB LAYANAN OPENDESA

Mengapa OpenDesa menyediakan layanan berbayar?

OpenDesa dibentuk terutama untuk menjamin keberlangsungan pengembangan OpenSID dengan mempertahankan keunggulannya sebagai aplikasi desa yang gratis, mudah diperoleh, rutin disempurnakan dan terbuka untuk dikembangkan oleh komunitas.

Salah satu strategi untuk mencapai tujuan itu adalah dengan menghimpun dana yang dapat digunakan membayar programmer untuk terus mengembangkan OpenSID. Dana perlu dihimpun dengan berbagai cara, termasuk melalui layanan berbayar.

Selain itu, OpenDesa juga bertujuan membantu desa memanfaatkan OpenSID dan aplikasi sumber terbuka lainnya semaksimal mungkin untuk memajukan desa. OpenDesa adalah lembaga nirlaba berbasis komunitas, di mana semua dana yang terkumpul tidak dapat digunakan untuk keuntungan pribadi, tetapi sepenuhnya digunakan untuk mengembangkan lembaga OpenDesa sendiri termasuk keperluan anggotanya dan aplikasi yang dikelolanya. Namun, untuk dapat menyediakan layanan yang profesional dan berkualitas tinggi, menggunakan narasumber yang profesional dan berkualitas tinggi, layanan yang diberikan harus berbayar.

 

Jenis layanan apa saja yang akan disediakan OpenDesa?

Layanan yang disediakan OpenDesa akan terkait teknologi sumber terbuka (open source) yang berpotensi memajukan desa. Layanan OpenDesa akan terutama terfokus pada pemanfaatan aplikasi yang dikelola dan dikembangkan oleh OpenDesa sendiri, seperti OpenSID dan OpenDK. Layanan yang ditawarkan OpenDesa bertujuan memberikan kemudahan bagi desa, untuk meningkatkan  efisiensi dan efektifitas kerja desa yang menggunakan aplikasi yang dikelola OpenDesa. Pada prinsipnya, jenis layanan yang potensial diberikan OpenDesa seputar bidang tersebut di atas tidak terbatas, dan bisa mencakup layanan seperti penjualan produk, pendampingan desa, bimbingan teknis, pelatihan, hosting, pelaksanaan proyek kerjasama, pengembangan aplikasi, penawaran proyek rekayasa sosial, dstnya. Layanan yang ditawarkan OpenDesa akan berubah setiap saat, tergantung dari keadaan dan kebutuhan yang ada. Layanan yang saat ini ditawarkan OpenDesa dapat dilihat di website OpenDesa di http://opendesa.id.

 

Apakah OpenDesa akan mendukung pemberi jasa OpenSID lainnya?

Sebelum terbentuknya OpenDesa, Komunitas OpenSID aktif mengajak pemberi jasa untuk menawarkan jasa terkait OpenSID. Pemberi jasa juga dihimbau untuk memberi donasi kepada Komunitas OpenSID untuk membantu pengembangan OpenSID. Basis himbauan itu adalah lingkaran kebajikan seperti terlihat di gambar berikut.

Pendekatan ini tidak akan berubah dengan adanya OpenDesa. OpenDesa juga berpendapat pemberi jasa pihak ketiga mempunyai peran penting untuk mempercepat penyebaran aplikasi sumber terbuka yang dikelola OpenDesa, dengan memperhatikan masih besarnya lahan peluang bagi semua pemberi jasa. OpenDesa juga melihat besarnya potensi bagi pemberi jasa pihak ketiga untuk ikut berkontribusi mengembangkan aplikasi sumber terbuka bersama-sama OpenDesa. Karena aplikasi sumber terbuka memang dimaksudkan untuk dapat dimanfaatkan dan dikembangkan bersama-sama oleh semua pihak yang peduli dan berkepentingan.

Bagaimana memperoleh bantuan instalasi dan dukungan teknis OpenSID secara gratis?

OpenDesa berbasis komunitas, dan terus membina dan mendukung komunitas pengguna dan pengembang OpenSID dan OpenDK. Komunitas tersebut bertujuan untuk saling berbagi dan membantu. Silakan bergabung di berbagai forum komunitas OpenSID dan OpenDK untuk dibantu dan untuk membantu sesama secara sukarela:

  1. Melalui forum Komunitas Pengguna dan Pegiat OpenSID https://www.facebook.com/groups/OpenSID/
  2. Group Telegram OpenSID http://bit.ly/2DG6Beb