Visi/misi OpenDesa (Perkumpulan Desa Digital Terbuka) adalah membantu sebanyak mungkin desa memanfaatkan teknologi informasi sumber terbuka untuk memajukan desa menuju desa cerdas.
Seiring dengan meningkatnya pengguna aplikasi kelolaan OpenDesa, seperti OpenSID dan OpenDK, kegiatan OpenDesa juga terus meningkat, termasuk dalam pengembangan aplikasi, layanan bagi desa, kegiatan Anggota dan Komunitas, kerjasama dengan desa dan supra-desa, dstnya.
Dengan demikian, tuntutan pada Sekretariat OpenDesa, sebagai organ yang mendukung dan mengkoordinasi keseluruhan kegiatan OpenDesa secara Nasional juga terus meningkat.
Untuk menangani beban itu, OpenDesa segera membutuhkan adanya staf Sekretariat penuh waktu.
Lowongan ini adalah untuk posisi Kepala Bagian Keuangan penuh waktu (minimal 40 jam kerja per minggu), yang mempunyai peran utama untuk mengelola keuangan OpenDesa.
Posisi ini adalah kesempatan emas bagi seorang profesional yang ingin menggunakan keterampilan untuk menghasilkan kebaikan yang nyata. Sangat jarang ditemukan pekerjaan pada lembaga berbasis komunitas yang eksis semata-mata untuk membantu ribuan desa dan jutaan warga mereka.
Tugas Kepala Bagian Keuangan OpenDesa adalah sebagai berikut:
- Menyusun rencana dan program kerja bagian keuangan sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
- Menyiapkan bahan rencana anggaran belanja OpenDesa
- Mengoordinasikan pelaksanaan penerimaan, pengeluaran dan pertanggungjawaban keuangan OpenDesa
- Melaksanakan koordinasi/konsultasi perencanaan dan pelaporan keuangan dengan masing-masing divisi dan Pengurus
- Meneliti kelengkapan dan pertanggung jawaban setiap pembayaran
- Memantau pelaksanaan/penggunaan anggaran belanja OpenDesa
- Memeriksa dan membuat laporan realisasi anggaran bulanan
- Menyusun laporan keuangan tahunan OpenDesa dan semua laporan keuangan lainnya yang diperlukan
- Mengoordinasikan pelaksanaan audit keamanan jika diperlukan
- Melakukan transaksi keuangan dan pembukuannya
- Melakukan tugas administratif lain sesuai arahan Kepala Sekretariat
Syarat Kepala Bagian Keuangan OpenDesa:
- Berpendidikan tinggi, minimal lulusan DIII
- Menguasai dan berpengalaman pencatatan transaksi keuangan
- Menguasai dan berpengalaman menyusun rencana keuangan dan palaporan
- Menguasai dan berpengalaman melakukan tugas-tugas keuangan
- Menguasai dan berpengalaman menggunakan teknologi digital kesekretariatan seperti Aplikasi Pencatatan Keuangan, Microsoft Office dan Google Drive, terutama Microsoft Excel dan Google Sheets
- Mempunyai karakter baik yang kuat
- Mampu bekerjasama dalam tim maupun individu
- Mampu bekerja di bawah tekanan
- Mampu menguasai teknologi digital kesekretariatan lainnya secara kreatif, mandiri dan cepat
Bagi pelamar terpilih yang memenuhi syarat di atas, akan diminta menunjukkan kompetensinya dengan mengerjakan tugas kecil yang akan kami tentukan.
Ketentuan lainnya :
- Bersedia ditempatkan di lokasi Sekretariat Nasional OpenDesa di Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.
- Remunerasi Kepala Bagian Keuangan OpenDesa secara total adalah Rp 3.000.000,- (tiga juta rupiah) per bulan
- Posisi ini untuk kontrak 12 bulan, masa percobaan 3 bulan dan dapat diperpanjang.
Bagi yang berminat, silakan mengirimkan :
- Surat permohonan menjadi Kepala Bagian Keuangan yang dibuat oleh yang bersangkutan ditujukan kepada Ketua Umum OpenDesa di atas kertas bermaterai cukup
- Kartu Tanda Penduduk
- Curriculum Vitae (CV) (mencantumkan referensi dengan beri nama dan kontak tempat kerja sebelumnya yang dapat memberi testimoni atas kinerja dan kompetensi Anda sebagai pengelola keuangan)
melalui form pendaftaran di tautan berikut ini : FORM PENDAFATRAN KEPALA BAGIAN KEUANGAN
Pada surat lamaran anda, daftarkan setiap syarat di atas dan jelaskan apa buktinya anda memenuhi masing-masing syarat.
Untuk tahap pertama, lamaran akan diterima sampai dengan tanggal 06 Oktober 2023. Kalau sampai hari itu belum diterima lamaran yang cocok, maka akan dibuka tahap kedua.