Segera Digelar Webinar OpenDesa  Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik

//Segera Digelar Webinar OpenDesa  Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik

Segera Digelar Webinar OpenDesa  Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik

OpenDesa–Jelang webinar bulanan pada 22.03 bulan Maret nanti, pegiat  Perkumpulan Desa Digital Terbuka (OpenDesa), siapkan fitur-fitur terbaru aplikasi yang dikembangkan. Programmer dan pengurus serta pegiat OpenDesa berjibaku mempersiapkan bahan yang akan segera di ekspose dalam Webinar.  

Webinar OpenDesa, sebagai perkenalan bagi calon pengguna baru dan juga pengguna yang belum akrab dengan Perkumpulan Desa Digital Terbuka (OpenDesa). Fokus pada tema, peran OpenDesa membantu desa menuju Desa Digital dan aplikasi-aplikasi yang dikembangkan OpenDesa. 

OpenSID akan dijelaskan dan diperagakan sebagai aplikasi utama OpenDesa yang telah membantu Belasan ribu desa menuju Desa Digital. Fitur-fitur OpenSID yang dijelaskan selain berfokus pada tema, juga menunjukkan fitur baru sebagai contoh nyata perkembangan aplikasi OpenDesa secara terus-menerus sesuai permintaan dan kebutuhan komunitas pengguna.

Sebelumnya pengurus mempersiapkan Tiga topik webinar mulai dari, Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik, Meningkatkan Perekonomian Desa dan Mewujudkan Pemerintahan Desa yang Transparan dan Akuntabel. 

Dari Ketiga pilihan tersebut akhirnya OpenDesa menjatuhkan pilihan pada tema yang akan diusung, “Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik”.  Ini akan jadi salah satu bahasan pada Webinar nanti. 

Pada Webinar nanti, OpenDesa akan menjelaskan secara rinci pemanfaatan aplikasi yang dikembangkan para pegiat OpenDesa, terbuka untuk umum, calon pengguna, pengguna umum dan pengguna premium. Disini narasumber akan menjelaskan setiap rincian penggunaan hingga manfaat sistem bagi desa. 

Sekaligus akan dipaparkan bagaimana manfaat yang dirasakan desa pengguna. Sebab desa pengguna secara langsung telah merasakan kemudahan pengelolaan pemerintahan desa secara digital bersama aplikasi yang dikembankan perkumpulan OpenDesa. 

Pada Webinar yang sebelumnya disebut sosialisasi rilis, kali ini akan menampilkan pengalaman penggunaan Sistem Informasi Desa Terbuka (OpenSID) Desa Hadakewa. Desa yang ada di Kecamatan Lebatukan, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur ini, akan membagi pengalamannya menggunakan OpenSID kepada peserta. 

Pada webinar OpenDesa 22.03 nanti, juga akan melibatkan, Davit Kurniawan, pemateri topik tema dari segi konseptual, kemudian, Yogi Perdana, pemateri topik tema dari segi teknis aplikasi, selanjutnya, Rohman, sebagai moderator acara. 

Sementara, Rudi Purwanto akan berperan sebagai penanggung jawab teknis Zoom supaya berjalan lancar, Herry Wanda dan Mohammad Aidin, akan memandu bagian Tanya-Jawab. Selanjutnya Azfan Sutaga akan menyiapkan poster serta Wahyudi akan membawahi kegiatan webinar. 

Bagi yang ingin mengetahui apapun tentang OpenDesa atau aplikasi yang dikembangkan untuk kemudahan pemerintahan desa dan pelayanan masyarakat, silahkan bergabung dalam webinar pada awal Maret nanti.(*)

By |2022-02-22T12:16:41+07:00Februari 18th, 2022|OpenDesa|0 Comments

Leave A Comment