Ini Penggerak OpenDesa dari Penjuru Nusantara hingga Antar Benua

//Ini Penggerak OpenDesa dari Penjuru Nusantara hingga Antar Benua

Ini Penggerak OpenDesa dari Penjuru Nusantara hingga Antar Benua

OpenDesa–Selama ini teman-teman pengguna OpenDesa tahu betapa berjasanya programmer membuat rilis aplikasi setiap bulan. Tetapi tidak kalah berjasanya Pengurus OpenDesa yang menjadi motor keberlangsungan setiap aplikasi.

Perkumpulan Desa Digital Terbuka (OpenDesa) merupakan lembaga yang bertanggung jawab menjamin keberlangsungan OpenSID, OpenDK dan aplikasi lainnya. 

Penguruslah yang membina komunitas, mengurus forum-forum media sosial, mengelola webinar, mengadakan kegiatan untuk memajukan desa, mengurus keuangan, melakukan kerjasama dengan desa, kecamatan, kabupaten,provinsi. 

Pengurus juga berupaya menyediakan anjungan dan layanan lain untuk memudahkan desa dan sederet kebutuhan pendukungnya. Tanpa Pengurus, OpenDesa tentunya tidak dapat berfungsi dengan baik. 

Apakah pengurus OpenDesa mendapat honor? Selama ini, belum. 

Karena semua pemasukan dana dari Langganan Premium dan Layanan Mengonlinekan OpenSID sepenuhnya untuk pengembangan aplikasi, bukan untuk Pengurus. Begitulah para pegiat bekerja hanya berorientasi kemajuan bersama untuk desa. 

Jika Divisi Komersial sudah berhasil dengan layanan pelatihan, anjungan, baju kaos, semoga pengurus bisa mendapat honor. Namun saat ini penghasilan bersih bagi OpenDesa dari Divisi Komersial masih kecil sekali. Sehingga honor tetap bagi pengurus belum bisa dialokasikan.

Lantas, mengapa Pengurus OpenDesa bersedia dan terus bersemangat berkarya secara sukarela? 

Karena percaya dengan visi/misi OpenDesa. Percaya bahwa membangun bangsa mulai dari desa. Percaya bahwa pemanfaatan teknologi informasi wajib untuk memajukan desa. Percaya bahwa OpenDesa mempunyai peran penting memberdayakan desa menuju Desa Digital. 

Percaya bahwa dengan keterlibatan aktif komunitas, yaitu teman-teman semua, merupakan bukti nyata apa yang dilakukan OpenDesa memang bermanfaat. 

Mari kita memberi salut pada Pengurus OpenDesa yang telah mengabdi sejak Januari 2020, Hernindya Wisnuadji, Lusianto, Herry Wanda, Ariandi Ryan Kahfi, Nur Hidayat, Wahyu Disyah Luphforever, Julis Suryadi, Rudy Purwanto. Terima kasih, teman-teman Pengurus OpenDesa!

Selain itu, OpenDesa beruntung memiliki Ketua Dewan Pembina, Eddie Ridwan. Sosok yang gigih ini, mampu mendorong pergerakan pengurus dan komunitas untuk terus mengembangkan aplikasi. Meski berdomisili di Melbourne, Australia, Eddie Ridwan mampu mengontrol dan memotivasi pengurus secara remote.(*) 

 

By |2022-02-16T09:54:00+07:00Februari 16th, 2022|OpenDesa|0 Comments

Leave A Comment