Presiden IDN Global Apresiasi OpenDesa 

//Presiden IDN Global Apresiasi OpenDesa 

Presiden IDN Global Apresiasi OpenDesa 

Presiden IDN Global, Kartini Sarsila Ningsih saat memberikan sambutan dalam Webinar OpenDesa-IDN Global dengan tema “Bersama Diaspora Membangun Desa Digital”, Jumat(19/11/2021.

OpenDesa--Presiden Indonesia Diaspora Network (IDN), Kartini Sarsila Ningsih Apresiasi Perkumpulan Desa Digital Terbuka (OpenDesa) yang telah melakukan praktek baik untuk memajukan desa di Indonesia. Peran penting  untuk memajukan desa ini, perlu didukung dan bersama-sama untuk progresifitasnya kedepan. 

Hal  ini  diungkapkan Presiden IDN Global dalam webinar yang mengangkat tema “Diaspora Membangun Desa”, Jumat(19/11/2021). “Mari bersama-sama kita secara global merubah paradigma untuk menjadikan desa lebih baik. Tidak hanya dengan menjadi eksekutif group tapi juga pada working group. Sehingga mampu melakukan kerja bareng yang fokus,”ucap Presiden IDN Global yang biasa disapa Bu  Nining ini.  

Presiden IDN Global ini, mengundang untuk berkontribusi di bidang khusus seperti saat ini Diaspora bangun desa lewat bidang-bidang, teknologi, edukasi dan sosial lainnya. Seperti hari ini melalui OpenDesa yang telah berbuat baik untuk desa dalam hal teknologi informasi.”Melalui OpenSID dari OpenDesa agar tetap bisa memberikan manfaat untuk membangun desa di Indonesia menjadi lebih baik kedepannya,”ucap Presiden IDN Global.     

Irwan Wibisono, Deputi Presiden IDN Global yang sekaligus perwakilan Diaspora Chapter Victoria mengatakan,  bagaimana membangun desa menjadi lebih baik.”Bagaimana desa bisa menjadi lebih maju dan dibantu membangunnya dari rantau. Kemudian bagaimana membangun jejaring masyarakat dengan pemerintah. Ini akan menjadi investasi bagi Diaspora untuk bisa membangun desa di Indonesia,”ucap Irwan Wibisono. 

Hal yang paling penting sebenarnya menurut Irwan Wibisono adalah kemauan masyarakat menuju masyarakat yang lebih baik. “Sehingga bisa kita lebih bersemangat untuk ikut membina desa dimaksud. Berdasarkan pengalaman kita di Flores Timur yang sebelumnya pelayanan surat menyurat butuh waktu satu hari. Namun dengan OpenSID, pengurusan dan pencetakan surat menyurat jadi lebih cepat,”ucap Deputi IDN  Global ini. 

Ditambahkan Irwan Wibisono, banyak hal  baik yang telah dimulai untuk membangun desa lebih baik. Semoga dengan kemauan masyarakat yang kuat, kedepannya desa-desa yang ada di nusantara bisa menjadi desa yang lebih baik,”Jadikan OpenSID sebagai langkah awal untuk program-program pembangunan lanjutan desa yang lebih baik kedepannya. Sebab berawal dari data, tata kelola dengan teknologi informasi pembangunan selanjutnya akan menjadi lebih mudah,”ajak Irwan Wibisono.(*) 

By |2021-11-28T13:06:07+07:00November 28th, 2021|OpenDesa|0 Comments

Leave A Comment